LiFi, Teknologi yang 100x Lebih Cepat dari Wi-Fi

Sudah pasti suatu teknologi akan terus berkembang dan semakin keren, salah satunya adalah WiFi, jika kamu sudah mulai merasa menggunakan WiFi kecepatannya kurang maksimal, kamu harus mencoba yang namanya Li-Fi.
LiFi, Teknologi yang 100x Lebih Cepat dari Wi-Fi
Li-Fi adalah teknologi terbaru untuk mentrasmisi data yang diklaim 100x lebih cepat dibandingkan dengan Wi-Fi, selain itu LiFi menggunakan spektrum cahaya sebagai pengganti frekuensi radio, jelas hal ini akan semakin berbeda, karena LiFi menggunakan cahaya maka tidak diperlukan lagi router, namun yang diperlukan adalah Li-flame Ceiling Unit untuk menyebarkan cahaya lampu untuk melakukan transmisi data. Dan untuk menerima signal alatnya bernama LI-Flame Desktop Unit yang disambungkan ke komputer atau notebook melalui koneksi USB.
Li-Fi saat ini diklaim bisa menembus kecepatan 1Gbps namun secara teori teknologi perangkat ini mampu mencapai kecepatan 224 Gbps, tidak hanya kecepatannya saja yang menjadi unggulan lho, selain itu keamanannya melebihi Wi-Fi karena sinyalnya tidak menyebar melaikan fokus di wilayah tertentu saja.
Selain itu Li-Fi diklaim lebih hemat dalam sisi biaya produksi dibandingkan Wi-Fi dan Li-Fi diklaim aman untuk kesehatan karena menggunakan sinar lampu (karena memang dalam hal ini belum ada klaim yang menyatakan sinar lampu dapat membahayakan kesehatan dalam jangka panjang). Namun bukan berarti tanpa kekuarangan ya bro, apalagi ketika penggunanya banyak berpindah tempat karena Li-Fi menggunakan cahaya tentu saja hal ini merupakan keterbatasan karena apabila titik LiFi tidak tersebar secara merata di ruangan pengguna harus tetap ditempat untuk mendapatkan konektivitasnya.
 Selain itu untuk menggunakan teknologi Li-Fi setidaknya pengguna harus menyiapkan 3 alat tambahan utama yaitu lampu LED, koneksi internet dan Photo Detector. (sumber)

No Response

Leave a reply "LiFi, Teknologi yang 100x Lebih Cepat dari Wi-Fi"